Lijit Search

Motorsport and Drivers

Driving Test Ducati

YZF R1 Chrome

Ducati Xerox

Kamis, 03 Juli 2008

Mimbar juma'at: Bahasa Alquran

0 komentar





Edisi : Jum'at, 04 Juli 2008 , Hal.1
Bahasa Alquran


Allah SWT mengisahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW dan umatnya salah satu kisah tentang hamba-Nya yang sangat berkuasa dan saleh, Nabi Sulaiman AS.

”Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu.


Dan dia berdoa,’Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh” (An Naml: 18-19).
Banyak hikmah yang terkandung di dalam bahasa Alquran itu. Pertama, Sulaiman adalah penguasa besar yang kaya raya namun menggunakan kekuasaan dan kekayaannya di jalan yang diridai oleh Allah SWT. Sulaiman adalah penguasa yang sangat bertakwa kepada Allah SWT. Kedua, adanya ilmu tentang semut yang sangat luar biasa. Antara lain mengenai kesetiakawanan, tanggung jawab, saling menyelamatkan di antara mereka serta maafnya terhadap Sulaiman dan tentaranya bahwa jika mereka terpaksa menginjaknya pasti hal itu karena tidak disengaja. Ketiga, bantahan terhadap orang-orang yang menyangsikan bahwa Alquran sulit dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari.


Di dalam kisah ini semua dapat dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah. Ketika kekuasaan dan harta digunakan tidak di jalan Allah SWT, yang terjadi kehancuran. Kita juga melihat kehancuran yang sekarang terjadi adalah karena kesombongan, tiadanya kesetiakawanan, tidak saling menyelamatkan, ketidakpedulian yang kuat kepada yang lemah. Tidak seperti Sulaiman perkasa, yang peduli kepada semut yang sangat lemah.


Masih banyak lagi bahasa ilmiah yang terkandung dalam kisah Sulaiman, dan jauh lebih banyak lagi dalam bahasa-bahasa Alquran yang lain, misalnya, ”Demi langit yang mempunyai jalan-jalan” (Adz Dzaariyaat: 7) atau ”Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya)” (Al Hijr: 16).


Bahasa Alquran seperti itu akan dapat dimengerti bagi mereka yang mengerti bahasa Matematika, Fisika, Astrofisika, Kedirgantaraan dan Energi. Sedangkan bagi mereka yang biasa dengan olah bahasa, sastra, politik, dan ekonomi, menjadi sulit untuk memahaminya. Di dalam kitab suci ini ada bahasa tentang anak dalam kandungan hingga kematian, tentang yang paling konkret hingga Yang Maha Gaib, tentang yang sangat kecil hingga Yang Maha Besar, tentang yang sangat lemah hingga Yang Maha Perkasa, tentang mereka yang mencintai Allah SWT hingga yang membenci-Nya, tentang mereka yang mengerti Alquran hingga yang tidak mengenal sama sekali, dan masih banyak lagi. - Prof Moch Sholeh YA Ichrom PhD Ketua Umum MUI Kota Solo

0 komentar:

Free Download Campursari | Dangdut Koplo | Free Mp3